Farida said...

RSS

Keistimewaan Shalat Tahajud

Shalat Tahajud dalam bahasa arabnya Shalatun Lail yang artinya shalat malam.
Shalat Tahajud merupakan sholat dua rakaat dan 1 salam (minimal) yang dilakukan sepertiga malam akhir, tengah malam, atau mendekati Subuh.

Telah diyakini, Shalat Tahajud memiliki banyak manfaat, diantaranya:
1. Menjaga kesehatan
Dengan melakukan shalat tahajud secara rutin dan ikhlas karena Allah SWT, kondisi tubuhnya akan berbeda dengan orang yang tidak shalat tahajud secara psikologis. Mereka yang bershalat tahajud memiliki ketahanan tubuh yang baik.

Rasulullah bersabda:

"Kerjakanlah shalat malam sebab itu adalah kebiasaan orang salihin sebelum kamu, juga suatu jalan mendekatkan diri kepada Allah, pencegah dari perbuatan dosa, penghapus dosa dan pencegah segala penyakit" - (HR Tirmidzi)

2. Meningkatkan produktivitas kerja

Rasulullah bersabda:
"Setan membentuk ikatan pada seorang diantara kalian ketika tidur dengan 3 ikatan dan setiap kali memasangnya ia berkata, 'malam masih panjang, maka tidurlah.' Jika orang tadi bangun lalu berdzikir kepada Allah , terlepas 1 ikatan. Jika ia berwudhu, terlepas lagi 1 ikatan. Kemudian jika ia mengerjakan shalat, maka terlepas semua ikatan tersebut. Pada akhirnya dia akan menjadi segar dengan jiwa bersih" - (HR Bukhari)

3. Menjaga ketampanan atau kecantikan

Rasulullah bersabda:
"Barang siapa yang banyak mengerjakan shalat malam, maka wajahnya akan terlihat tampan atau cantik di siang harinya." - (HR Ibnu Majah)

4. Mempercepat tercapainya cita-cita

Rasulullah bersabda:
"Ketahuilah sesungguhnya Allah tertawa terhadap dua laki-laki: seseorang yang bangun tengah malam yang dingin dari ranjangnya, lalu ia berwudhu melakukan shalat. Allah berfirman kepada malaikatnya, 'apa yang mendorong hamba-Ku melakukan ini?' Malaikat menjawab, 'Wahai Rabb kami, mereka melakukan ini karena mengharap apa yang di-sisiMu'" Allah berfirman: "Sesungguhnya Aku telah memberikan kepadanya apa yang ia harapkan dan rasa aman dari yang ia takutkan."

Nah....itulah manfaat yang dapat saya sampaikan yang pernah saya baca dari beberapa sumber. jadi mari kita mulai melaksanakan shalat Tahajud..
Mulailah mengerjakannya disertai niat, karena Allah Ta'ala ;-)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Dipersilahkan untuk meninggalkan komentar dengan baik dan sopan :-)